Daisypath Anniversary tickers

Sabtu, 01 Maret 2014

A (very) short trip to Paris

Here's the itinerary (kita travel ke Paris ini around September atau Oktober gitu deh kalo ga salah): kita berangkat sore dr Groningen naik kereta ke Amsterdam, dr Amsterdam kita naik bus malam ke Paris, di Paris sampenya subuh, punya waktu seharian buat jalan, malamnya di hari yg sama naik bus lg balik ke Amsterdam, sampe di Amsterdam pagi2 & lanjut naik kereta balik ke Groningen.

Gw ga penasaran lg sama Paris (thanks to foto gw dulu di depan menara Eiffel, walaupun masih kecil.. hahaha!) tp karena mas belom pernah & kayanya Paris tuh magnet bgt ya, jd setuju deh untuk ikutan kesana.. My impression? Ga mau lg travel kaya begitu! My first & my last time itu..! Sempet bete sama mas, hahaha! (karena ini jalannya barengan sama temen2nya, harganya jd relatif murah karena rombongan, makanya mas ngajakin). Gw bukan tipe orang yg mau cape2 demi harga murah sih.. (maunya ga cape tp murah.. hahaha!) jadi ga cocok dgn tipe traveling seharian non stop stelah tidur di jalan & abis itu pulangnya tidur di jalan lg gt.. Total pengeluaran nanti dijabarin di bawah ya buat ilustrasi kalo2 ada yg planning travel.. :)

Tapi walaupun sempet sebel (toh sebelnya jg ga dr awal kan, cm pas mulai berasa bgt capeknya.. haha) yg namanya jalan2 tuh buat gw wajib dinikmati, apalagi foto2, jgn sampe ga!! ;)
Arc de Triomphe at Dawn
Jadi setelah kita sampe subuh2 di Paris (sekitar jam 6), kita & 1 org temennya mas (namanya Oki) jalan ke Arc de Triomphe yg menurut kita paling deket sama bus stop kita. Keputusan kita buat kesitu subuh2 menurut gw sih tepat, hehe, krn suasana sekitar Arc de Triomphe kalo gelap lebih bagus, & karena masih subuh, jalanan jg belom padat  sama mobil (kalo siang udah kaya lingkaran setan tuh jalanan) & belom ada org foto2 jg kan jd kita bebas cari spot foto2 bertiga! haha.

Jam 7.30an kita lanjut jalan ke Trocadero, this is known to be the good choice for us on our way to see Eiffel Tower.. Jd karena letak Trocadero ini sejajar sama Eiffel Tower & diantara 2 tempat ini ada taman besar & jalan yg melintas di atas sungai Seine, jd viewnya bagus.. & kalo kita jalan dr Trocadero ke Eiffel Tower, kita bakal ngeliat Eiffel Tower yg tadinya keliatan kecil, pelan2 makin besar semakin kita jalan mendekat.. :) Fyi, sebelom sampe ke Trocadero, kita mampir sarapan croissant di coffee shop yg kita lewatin, harganya ga mahal, tp ga kepikiran buat inget nama tempatnya.. Sorry.. :(
In front of Seine river & Eiffel Tower
Kita memang ga ada keinginan untuk naik Eiffel Tower, dan begitu liat antrian yg panjangnya minta ampunnnn makin yakinlah kita untuk ga naik dan jalan terus.. :) Segala macem bangunan unik atau klasik2 gt yg kita lewatin pasti gw harus foto di depannya.. jadi jalanlah kita terus sampe museum angkatan bersenjata gitu.. By that time, udah ga tau lg deh itu kita udah jalan berapa kilo!! :P

Setelahnya, kita putuskan untuk naik metro (kereta underground) karena tujuan selanjutnya adalah Louvre Museum dan jauh banget aja kalo mau jalan kaki lagiiii.. Kita beli dayticket di stasiun karena kita tau bakal keliling banget hari itu, semaksimal mungkin! (fyi, rata2 negara di eropa tuh sistem transportasinya udah terintegrasi satu dengan yg lainnya.. Jd kalo kita beli dayticket, biasanya itu bisa dipake di hampir semua alat transportasi seperti metro, bus, tram yang biasanya berhenti di deket tempat2 wisatanya. Harganya jauhhh lebih murah daripada kita beli tiket bus sightseeing atau hop on hop of yang biasanya terkenal di kalangan turis. Tp kalo naik transportasi umum terutama metro, be aware sama copet ya.. oh yes, di Paris banyak copet!). Sampe Louvre sebenernya pengen masuk, tp mengingat waktu kita yg sangat terbatas, ga jadi deh, padahal karena kita masih agak pagi (jam 10-11an deh kalo ga salah sampe situ) antrian masuknya masih belom panjang banget.. Abis foto2, laper, cari makan, nemunya.. McD! hahaha.

Pas lg makan itu, Oki bilang kalo temennya yg lg kuliah di Paris (namanya Sofwan) ngajakin ketemuan di taman seberangnya Louvre, kembalilah kita kesana buat ketemuan (& foto2 juga dong tetep sambil jalan.. hihi). Setelah ketemu, kita langsung berangkat ke Notre Dame. Disitu lg ada acara ga tau apaan, jd di depannya persis ga bs foto2, mesti dr samping :( Disini timbul hasrat ingin pipis.. hehehe. Tapi pas turun ke toilet umumnya, antrian panjang saudara2! Antri buat pipis? Iya! Kalo mau dikira2, mungkin ada kali tuh 20 orang yg antri di depan gw!! :(( Jadi buat yg perempuan, kalo bisa pas lg di hotel, di restoran, dimanapun yg ada fasilitas toilet nyamannya, sebelom pergi lebih baik dipake dulu deh toiletnya, biar ga perlu nyari2 (& ngantri!) di toilet umum pas di jalan yaa.. Lanjut ya, kalo ke Notre Dame, dari depannya situ kita langsung jalan ke arah belakang gedungnya dgn menyusuri sungai ya.. viewnya bagus! Dan deket bagian belakang Notre Dame itu ada jembatan yg penuh sama gembok cinta di railing pagernya.. Foto lg dehh.. :)

From the back of Notre Dame
Selanjutnya kita diajakin Sofwan nengok salah satu gedung universitasnya (Sorbonne), dan foto2.. Duh si Sofwan kayanya udah paham banget deh kalo yg kita kejar tuh foto! hahaha. Dari sana kita ke taman yg gw bener2 lupa itu dimana dan apa namanya! Tempatnya bagus, ada bangunan kaya rumah bangsawan gitu deh, dan kita duduk2 dulu sebentar disana karena capek.. Sambil duduk? Foto! hehe.

Basilica Sacre Coeur
Dari sana kita lanjut naik metro agak lama, karena kita mau ke Montmartre yg letaknya agak jauh dari central Paris.. Disini kita ke Basilica Sacre Coeur, letaknya di atas bukit, kalo naik tangga bisa tapi cape mak! Pilihan lainnya bisa naik kereta tarik gt keatas (kalo punya dayticket ga perlu beli tiket lg, bs pake dayticket aja) Dari sini kita bisa liat Paris, karena ini spot tertinggi kedua di Paris setelah Eiffel Tower sepertinya.. Ini tempat wisata favoritnya Sofwan di Paris.. hehehe. Montmartre ini juga daerah turis, kalo buka booking.com atau airbnb.com banyak tuh hotel2 atau b&b di daerah ini.. Di belakang Basilica ada semacam market kecil gt, ada macem2 restoran di sekelilingnya, dan di tengah2 banyak pelukis gt..

Moulin Rouge
Naik metro 1 stop kalo ga salah dari sana, kita sampe di Moulin Rouge, sebentar aja, cukup foto di depannya.. ;) Hari sudah mulai gelap, jadi kita memutuskan untuk makan, pilihan jatuh ke restoran cina, karena Sofwan rekomen banget mie ayamnya.. Pas dicobain, asli enak banget!! Andaikan ada yg beginian di Groningen.. :9 Selesai makan, kita balik ke Trocadero karena mau foto Eiffel Tower pas malem.. hehehe! Setelah jeprat jepret agak lama disana, karena udah malem, kita pisah deh sama Sofwan dan balik ke meeting point bus yg akan kita tumpangi balik ke Amsterdam..

Karena itu kayanya masih jam 8 atau 9an dan bus kita tuh baru jalan jam 11an, kita mampir ke mall yg nyambung sama hotel di depan meeting point deh (fully aware kalo jam segitu toko2 udah tutup.. haha) dan karena toko2 di dalemnya beneran udah pada tutup, kita jalan terus aja masuk ke hotelnya buat cari toilet (pinter kan? Kalo mau pipis ya di hotel dong ah! hihi). Dari situ ya mau ga mau deh nunggu di meeting point dingin2.. :( Begitu bus dateng, siap berangkat & tepar deh di tempat duduk! Traveling ke Paris selesai deh..

Karena cuma sehari & gw masih pengen ke istana Versailles, jd kita rencanain mau ke Paris lg nunggu adek dateng kesini buat liburan, sekalian ke Disneyland deh karena belom pernah.. Semoga jadi ya, jd bisa cerita2 lg disini.. :))

*Ga keluar biaya untuk obyek wisata di atas, karena kita cuma foto di depannya aja, atau ada jg yg ga pake biaya masuk. More info bisa diliat di paris info ya..
**Berhubung ini travelnya udah lama, jd beberapa harga gw pake perkiraan ya karena lupa persisnya.. :D
Nih mie ayam enak banget ituuu