Daisypath Anniversary tickers

Selasa, 14 Agustus 2012

How To: bikin label undangan sekaligus!

Hahaha! padahal undangan baru mau mulai naik cetak.. Tapi tb2 kepikiran mau siap2 buat label2 namanya dari sekarang krn entah kenapa kalo keingetan bawaannya pusing, 1000an undangan saudara2!! (-___-")

Pas lg bengong2 kepikiran itu, temen gw yg baik hati, Wisnu (gw puji2 dong sekali2, lg helpful bgt sih!! hehe) lewat! Kebetulan yg sangat pas! Langsung gw bajak ajalah ya.. fyi, dia jg baru nikah, & label2 nama buat undangan waktu itu dia yg kerjain memang.. Rezeki saya.. :))

Jd sekarang mari kita breakdown langkah2nya.. Sebagai pengingat, kalo2 ntar undangan udah jadi gw malah lupa caranya (bagus kalo pas ada wisnu lg wlwpun mgkn dia ngomel2 krn gw lupa, kalo pas lg ga ada, kan gw pusing) Kalopun berguna membantu teman2 yg lg cari tau.. Alhamdulilah.. :)

Sebelumnya, yg gw pelajari di windows 2007 ya.. Dan meng-combine microsoft word & excel.  

So here's the steps (insyaAllah ga salah ya..):
1. Pastinya masuk ke website tjlabels.com
2. Pilih format label yg mau dipake (gw sih yg 121, kemungkinan pake ukuran itu) trus download --> langsung masuk ke ms. word tuh.
3. untuk mempermudah, gw kasih border dulu biar jelas batas2nya (ctrl A trus pilih 'all border') *kalo ga perlu, langkah ini di-skip aja* *jgn lupa nantinya dihapus bordernya biar ga kecetak ya*
4. buka ms. excel
5. didata deh tuh nama dan alamat atau jabatan orang2 yg mau diundang di 2 kolom.
6. Klik 'format as table' pilih yg medium terus ok
7. Jangan lupa disave dulu ya data2 excelnya
8. Balik ke ms. word, cari 'mailings', terus 'select recipients', klik 'use existing file', terus cari deh file excel yg td di-save.
9. Pilih 1 kotak dalam border, klik 'insert merge field', column 1 (untuk nama) *muncul <<column1>>* terus enter, kalo mau masukin Yth atau Di tinggal tulis aja dibawahnya atau diatasnya, bebas. Terus klik lg 'insert merge field' buat masukin alamat/jabatan yg udah kita buat di excel jg *muncul <<column2>>*
10. Klik 'rules' dan pilih 'next record'
11. Blok <<column1>> sampe <<column2>>, ctrl C, ctrl V ke kotak2 yg lain ya..
12. Klik 'finish & merge', pilih 'edit individual documents' --> ok
And then Voila! Masuk semua deh datanya.. :)

Tips:
* jgn lupa hapus bordernya ya biar ga ikut ke print
* kalo yg kita bikin sampe berlembar2, tes dulu 1 lembar, udah pas belom formatnya.. Kalo belom pas tinggal disesuaiin deh, karena kadang format printer kan beda2..

Ok, looks like that's all for now.. Mau mencoba kembali sampe master ahhhh.. Kalo udah biasa sih gampang kok, ga ribet! ;)

2 komentar:

  1. Nikii..aku baru nyobain bikin label pke tutorial kamu dan berhasil, yuhuuuu ^^, tengkyuu nik *cups

    BalasHapus